IMPLEMENTASI TRANSAKSI NON TUNAI PEMERINTAH KABUPATEN NAGEKEO

Diposting pada : Jumat, 01 Februari 2019 | oleh : JOHAN Atu | Dibaca: 61 kali

Transaksi Non Tunai Merupakan system yang mencakup pemindahan dana dari satu pihak ke pihak lain guna memenuhi kewajiban yang timbul dari satu kegiatan ekonomi.

Sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Nagekeo melalui Peraturan Bupati Nomor 85 Tahun 2018, mulai menerapkan Transaksi Non Tunai untuk semua pembayaran baik Penerimaan maupun Pengeluaran Daerah pada awal tahun 2019.

Penerapan Transaksi Non Tunai Pemerintah Kabupaten Nagekeo dilaksanakan dengan tujuan untuk dapat mewujudkan pengelolaan APBD yang cepat, akurat, aman, efisien, transparan dan akuntabel serta mampu mencegah tindak pidana korupsi.

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin moderen alat pembayaran terus berkembang dari alat pembayaran tunai ke alat pembayaran non tunai seperti alat pembayaran berbasis kertas  misalnya, cek dan bilyet giro. Selain itu dikenal juga alat pembayaran paperless seperti transfer dana elektronik yang menggunakan Cash Management System, Internet Banking dan Mobile Banking dan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu.

Pemerintah Kabupaten Nagekeo menggunakan dua metode Pembayaran Non Tunai yakni Cash Management System Bank NTT dimana Perangkat Daerah dapat melakukan Pembayaran secara langsung dari rekeningnya sendiri secara Real Time, sedangkan metode alternatif menggunakan mekanisme Bilyet Giro pada loket pembayaran yang disiapkan oleh Bank.

Sesuai Roadmap yang telah disusun, Pemerintah Kabupaten Nagekeo menggunakan metode Teller dan Transfer dari semua Bank Umum untuk pelaksanaan Penerimaan Daerah, sedangkan penerapan metode pembayaran menggunakan E-Payment dan Virtual Account ditargetkan pada Tahun 2020.

Menanggapi Implementasi Transaksi Non Tunai yang dimulai pada awal Tahun 2019, maka semua pihak baik atas nama Perorangan, Unit Usaha maupun Kelompok yang akan melaksanakan transaksi keuangan dengan Pemerintah Kabupaten Nagekeo diwajibkan untuk memiliki Rekening Bank.

 

Jadi, tunggu apa lagi?

Segera miliki Rekening Bank sekarang juga!

 

“selamat Bertransaksi”

dan

“Salam OKe OC”  ======= “Omi Kema, Omi Cair”

Kembali ke atas